Minggu, 10 November 2013

Edisi Penutup E-Learning HR Contact : Contoh Soal dan Jawaban Rekap Nilai (RN)



Saya mengucapkan banyak terima kasih atas diskusi dan pertanyaan dari HR Contact, yang memberikan semangat kepada saya untuk menyempurnakan edisi penutup e-learning HR Contact ini.

Berikut ini ditampilkan format Rekap Nilai (RN) Bulanan yang harus dibuat oleh HR Contact pada setiap akhir bulan (dan dikirimkan lewat e-mail ke HRD paling lambat tanggal 5 setiap bulannya). Jadi, Rekap Nilai (RN) Bulanan yang pertama kali adalah untuk periode 1- 31 Januari 2014, dan sudah harus dikirim lewat e-mail paling lambat tanggal 5 Februari 2014. Kegiatan membuat Rekap Nilai (RN) Bulanan ini merupakan salah satu hal yang dinilai dalam "Performance Appraisal" HR Contact pada setiap BPR oleh HRD selaku konsultan sistem "modernisasi & pengembangan manajemen sumber daya manusia" di BPR Restu Group.









Dengan demikian Rekap Nilai (RN) Bulanan yang dikerjakan oleh HR Contact adalah hanya satu lembar saja. 


-----o0o-----

Catatan kaki :

Untuk dapat mengisikan poin-poin tersebut di atas, perlu dipelajari tabel di bawah ini, yaitu tentang poin-poin untuk L-2, L-3, L-4, dan L-5. Perhatikan bahwa poin dalam hal Produktivitas meliputi 70% dari total poin, dan hal ini diperoleh karyawan sesuai Kriteria Penilaian (KP) yang tertulis dalam Form Anajab masing-masing. Sedangkan poin dalam hal Integritas dan Kompetensi (plus "Kepemimpinan dan Berpikir Analitis" untuk L-3 atau "Kepemimpinan, Berpikir Analistis, dan Berpikir Strategis" untuk L-2) hanya meliputi 30% saja dari total poin.





Predikat / klasifikasi karyawan, apakah dia termasuk Kader (karyawan unggulan), atau termasuk Crew (karyawan biasa), atau termasuk Pantauan (karyawan yang harus dipantau karena "performance"-nya cenderung "kelas bawah") ditentukan dengan menggunakan tabel di bawah ini.





Pada bagian di atas sudah dijelaskan bahwa untuk menentukan poin "Produktivitas" yang meliputi 70% total poin yang didapat seorang karyawan, digunakan Kriteria Penilaian (KP) yang ditulis oleh HR Contact dalam Form Anajab setiap karyawan (sesuai arahan & keputusan dari Direksi BPR).

Lalu, bagaimana mengisi poin untuk bagian yang "Non Produktivitas" yang meliputi 30% dari total poin yang didapat seorang karyawan ? Untuk keperluan ini, digunakan tabel tersebut di bawah ini, yang berisi tentang poin "Integritas" dan "Kompetensi".



Masih tentang poin dalam bidang "Non Produktivitas", khusus untuk L-3 ada poin tentang "Kepemimpinan & Berpikir Analitis", sedangkan untuk L-2 ada poin tentang "Kepemimpinan, Berpikir Analitis, dan Berpikir Strategis". Untuk keperluan ini, digunakan tabel di bawah ini, yang sumbernya diambil dari Kamus Kompetensi "Spencer & Spencer".





Demikianlah telah dijelaskan tentang Rekap Nilai (RN) Bulanan dalam bentuk tabel, juga telah diberikan contoh soal dan jawaban dalam rangka mengisi Rekap Nilai (RN) Bulanan tersebut. Telah pula dijelaskan tentang 70% poin yang bersumber dari "Produktivitas" dengan Kriteria Penilaian (KP) disusun oleh HR Contact dalam Form Anajab. Adapun 30% poin bersumber dari "Non Produktivitas" yang meliputi "Integritas" dan "Kompetensi" (plus "Kepemimpinan & Berpikir Analitis" untuk L-3 dan "Kepemimpinan, Berpikir Analitis, dan Berpikir Strategis" untuk L-2) yang tabel-nya juga sudah dijelaskan di atas.